Ocehan Saya

Just another WordPress.com site

White Lie

on April 5, 2012

Apa c white lie? Kebohongan untuk
kebaikan? Kebaikan bagi siapa?
Kebaikan bagi si pelaku atau si objek
penderita? Darimana kita bisa tahu
bahwa white lie yang kita lakukan
merupakan pilihan terbaik bagi
semua?
Lantas bagaimana bila kebohongan
putih itu terungkap? Bukankah dapat
mempengaruhi rasa percaya
seseorang untuk orang lain?
Menurut saya, kebohongan untuk
kebaikan tetap saja merupakan
KEBOHONGAN! White lie hanya bentuk
retorika! Membuat orang lain menjadi
terpinggirkan. Menciptakan masalah
baru. Siapa yang dapat menjamin
bahwa white lie tersebut tidak akan
terungkap?!
Saya lebih memilih mengetahui sebuah
kebenaran, sepahit apapun itu. Karena
saya akan dapat mempelajari banyak
hal dari sebuah kenyataan skalipun itu
menyakitkan. Kejujuran merupakan
fondasi penting untuk membangun
rasa percaya terhadap orang lain.
Dalam kasus tertentu, mungkin saya
dapat mentolerirnya. Namun terkadang
orang lain mengatas namakan white lie
untuk melindungi diri sendiri, menjaga
nama baik, hingga demi menutupi
aktivitas menyimpang. Pada akhirnya
mereka hanya memikirkan kebaikan
bagi diri mereka sendiri.

-Posted on fb, January 1, 2009 at
6:43pm-


Leave a comment